Rabu, 20 Juli 2011

Berani Bermimpilah!

“Aku punya cita-cita, pengen buka restoran jepang yang paling terkenal se-Indonesia..” terawang seseorang.
“Ah, mimpi aja kamu itu. Jangan terlalu tinggi mimpimu, nanti kalo nggak kesampean jatohnya sakit loh ..” seseorang yang lain menanggapi.

Jangan terlalu tinggi mimpimu, nanti kalo nggak kesampean jatohnya sakit loh’

Kata-kata yang benar-benar mematahkan semangat!!
Tapi kata-kata itulah yang dengan apa adanya, sering membelenggu hati saya ketika saya mencoba untuk merangkai mimpi-mimpi saya menjadi tangga menuju masa depan. Sulit memang untuk membuyarkan opini hati yang terus membisikkan dan menekan harapan-harapan kita. Setiap berniat memupuk mimpi-mimpi dalam lembaran putih, hasutan itu selalu memutarkan otak saya untuk kembali menutup lembaran itu. Kadang rasa takut dan malu untuk bermimpi besar muncul di hati saya. Saya merasa belum pantas juga bermimpi demikian, rasanya terlalu muluk-muluk punya mimpi semacam itu. Akhirnyapun saya simpan kembali niat saya untuk memiliki mimpi yang besar itu dan kembali beraktivitas seperti biasa dan melupakan mimpi-mimpi saya.
 
Namun, semakin bertambahnya usia dan pengalaman saya, saya semakin sadar bahwa ternyata semua orang itu berhak untuk bermimpi! Begitu juga dengan saya! Seorang anak jalanan yang secara finansial orangtuanya tidak mampu membiayai pendidikannya sekalipun wajib untuk memiliki mimpi! Sebesar dan setinggi apapun mimpi itu, kita wajib untuk mempunyai harapan dan cita-cita. Karena mimpi-mimpi itulah yang nantinya akan menuntun kita menuju masa depan yang jauh lebih baik.

Coba kita bayangkan, misalnya kita hidup didunia ini tanpa tujuan, tanpa harapan untuk tercapainya sesuatu, pasti hidup kita akan terasa hambar dan biasa saja. Hidup kayak nggak ada tantangannya. Ini artinya kita selalu memilih untuk berada di comfort zone. Nggak salah sih memang kalo kita memilih untuk berada di zona yang minim tantangan itu, tapi yaa kita harus siap merasakan kebosanan akibat kurang berwarnanya hidup kita ini. Yang kita lakukan ya hanya itu-itu saja. Hasilnya pun juga itu-itu saja. Nggak ada yang berbeda. Dan yang paling parah, nggak ada peningkatan kualitas hidup kita, karena kita nggak pernah ‘naik kelas’. Yaa gimana mau naik kualitas hidup kita, kalo ujian yang kita hadapi hanya itu-itu saja. Ujung-ujungnya, kita stand by pada level kualitas hidup yang sama.

Nah, biar hidup kita nggak gitu-gitu aja, cobalah sekali-kali kita rasakan nikmatnya perjuangan meraih sesuatu yang baru. Nikmati proses. Tapi apa ya kita bisa merasakan nikmatnya proses kalo nggak ada yang mau kita raih? 

Maka dari itu, mulai sekarang saya bertekad untuk selalu menuliskan mimpi-mimpi saya dalam lembaran kertas, yang setiap waktu akan saya buka untuk mengingatkan saya pada harapan masa depan saya.
Saya juga ingin mengajak teman-teman semua untuk mulai menuliskan mimpi-mimpi kalian dalam hitam diatas putih, supaya mimpi kalian terikat dalam bingkai indah catatanmu. Saya yakin, mimpi-mimpi itulah yang akan menuntun kita untuk meraih masa depan kita yang lebih baik.  

Keep moving!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar